Sekedar Informasi

Senin, 06 April 2009

Apakah Orang Sholat Tidak Perlu Tahu Arti Bacaannya?

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke rumah pakde saya. Dan di sana saya mendapatkan sebuah perkataan yang cukup mengejutkan dan membuat saya berfikir mengenai hal tersebut.

Ketika itu kami sedang berbicara mengenai tata cara sholat. Kemudian pakde saya mengatakan bahwasanya dalam belajar sholat yang penting adalah bacaannya yang benar, dan orang yang sholat tidak perlu tahu arti bacaannya. Hal ini membuat saya sangat terkejut dan berfikir, "Apakah benar kalau kita sholat kita tidak perlu tahu arti bacaannya?". Pertanyaan-pertanyaan lain kemudian muncul:

"Bukankah sholat itu merupakan dialog dengan Allah? Sebuah cara agar kita dapat berkomunikasi dengan Allah?"

"Jika kita tidak tahu apa arti bacaan kita, lalu bagaimana kita tau mengenai apa yang sebenarnya kita lakukan?"

"Apakah ada bedanya antara membaca bacaan dengan tidak membaca bacaan ketika kita tidak tahu arti dari apa yang kita baca?"

dan sebagainya.

Saya pribadi tidak setuju mengenai hal tersebut. Menurut saya ketika sholat kita harus mengetahui apa arti dari apa yang kita baca sehingga kita dapat sholat dengan lebih khusyuk, tidak hanya sekedar sholat kosong yang didasarkan atas hafalan, bukan ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar