Sekedar Informasi

Senin, 06 April 2009

Menulis Novel Dalam Waktu Kurang Dari Satu Bulan

Kemarin saya menulis komentar untuk beberapa film. Dari Komentar-komentar itu lahir pula beberapa ide untuk tulisan. Dan saya terus saja menulis. Hasilnya ternyata saya dapat menulis sekitar 950 kata dalam waktu kurang dari satu jam, mungkin kira-kira 45 menit. Saya tahu itu karena di komputer saya, yang menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux, terpasang software Workrave yang saya atur agar memaksa saya untuk mengambil istirahat selama 10 menit setiap jamnya.

Dapat menulis 950 kata dalam waktu kurang dari satu jam merupakan sesuatu yang menarik bagi saya. Ini dikarenakan apabila saya dapat terus mengasah kemampuan menulis saya, maka saya dapat menulis sebuah novel dalam waktu kurang dari satu bulan. Perhitungannya sangat sederhana. Saya pernah mendapatkan softcopy novel teman saya, tentu saja yang masih belum final, yang ketika saya hitung jumlah katanya ada sekitar 39.869 kata. Novel terbitannya tentu saja tidak jauh berbeda dengan versi draftnya. Nah sekarang asumsikan saja saya ingin membuat satu novel dengan 45.000 kata, dan diasumsikan saya dapat menulis 1000 kata dalam satu jam, maka saya hanya butuh 45 jam untuk menyelesaikan novel tersebut. Jika saya bekerja 5 jam perhari maka saya dapat menyelesaikan novel tersebut dalam waktu 8 hari. Hebat bukan?

Akan tetapi hal tersebut tentu saja tidak akan semulus yang dibayangkan. Terutama bagi saya yang masih sangat pemula dalam hal tulis menulis. Hambatan-hambatan yang pastinya akan sering saya temui adalah writer block dan mood yang tidak mendukung. Writer block bisa jadi berupa tidak tahu apa yang akan ditulis selanjutnya. Hal ini memang dapat diatasi dengan membuat semacam outline cerita terlebih dahulu. Namun demikian, terkadang membuat outline itu sendiri juga dapat menyita waktu yang cukup lama. Bahkan dengan outline pun terkadang saya masih menemui hambatan writer block yang berupa kebingungan bagaimana menggambarkan atau menuliskan sebuah adegan, termasuk di dalamnya memilih kata yang tepat. Untuk mood, saya tidak bisa bilang banyak. Terkadang muncul, tetapi seringkali tidak. Namun demikian hal ini juga dapat diatasi dengan melatih diri dengan menulis dengan teratur pada jadwal yang teratur.

Saat ini saya sedang melatih kemampuan menulis saya dengan mencoba menulis dengan teratur. Dalam hal ini saya akan mencoba menulis apapun, seperti yang telah di inspirasikan oleh film Marley and Me. Saya sebenarnya telah tahu mengenai teknik menulis "jotting", atau menulis apa saja, untuk menghilangkan writer block dan mengeluarkan diri dari kungkungan mood, akan tetapi saya baru terpacu ketika saya menonton film Marley and Me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar