Sekedar Informasi

Senin, 06 April 2009

Bagaimanakah Sebuah Film Dikatakan Film Yang Bagus?

Bagaimana sih film yang bagus itu? Bagi saya ada beberapa hal yang membuat sebuah film dapat dikategorikan sebagai bagus, wajib ditonton, bahkan wajid dikoleksi. Yang pertama adalah apabila film yang saya tonton tidak membuat saya menebak apa yang akan terjadi selanjutnya atau tidak membuat saya berfikir tentang struktur film itu, maka saya menganggap film itu adalah termasuk film yang sangat bagus. Permasalahannya adalah bahwa saya kebetulan mempunyai sedikit pengetahuan mengenai menulis naskah film dan tau bagian-bagian dari sebuah cerita film. Bahkan menurut sebuah artikel yang saya baca, sekitar 90% film Hollywood dibuat berdasarkan struktur yang cukup baku. Oleh karena itu apabila ada film yang bisa membuat saya melupakan struktur sebuah film maka film itu saya anggap sangat bagus.

Yang kedua, andaikata pun suatu film dapat membuat saya menebak apa yang akan terjadi selanjutnya, atau membuat saya teringat akan struktur sebuah film, bila apa yang disajikan benar-benar sesuatu yang tidak tertebak, sesuatu yang benar-benar diluar dugaan, maka menurut saya film tersebut adalah film yang bagus. Unsur kejutan adalah sesuatu yang selalu menarik bagi saya.

Diluar dua hal tersebut di atas, ada beberapa hal yang membuat saya merasa bahwa sebuah film menarik untuk ditonton. Walaupun, tentu saja, hal tersebut belum tentu berarti bahwa film tersebut bagus. Misalkan saja akting yang luar biasa dan sangat natural, bintang film yang main, atau aktris yang cantik. Saya pernah menonton salah satu film Jackie Chan, kalau tidak salah judulnya Rob B, yang menurut saya merupakan salah satu film Jackie yang terburuk. Akan tetapi saya tetap saja menontonnya karena saya kebetulan penggemar Jackie Chan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar