Sekedar Informasi

Senin, 06 April 2009

Film Marley and Me: Sebuah Inspirasi Untuk Menulis

Saya baru saja menonton film Marley and Me. Film yang berkisah tentang persahabatan manusia dengan anjing dalam lingkup keluarga ini benar-benar film yang sangat bagus, sangat inspiratif, dan cukup menyentuh.

Ada satu hal yang sangat inspiratif bagi saya, yaitu bahwa hidup itu adalah sesuatu yang menarik. Banyak sekali kejadian-kejadian di sekitar kita yang untuk kita sendiri mungkin merupakan sesuatu yang sangat biasa dan tidak terlalu menarik. Akan tetapi bagi orang lain, atau bagi kita sendiri di lain waktu, merupakan sesuatu yang sangat menarik dan dapat menimbulkan senyuman. Itulah salah satu yang ditunjukkan oleh film Marley dan Me ini. Sang aktor utama menjadi seorang kolumnis yang terkenal hanya karena ia menulis mengenai kesehariannya dan keluarganya bersama anjingnya, Marley.

Film ini juga mengingatkan saya bahwa betapa tidak bersyukurnya saya selama ini. Ketika saya melihat gunung Merapi, saya selalu melihatnya sebagai sesuatu yang biasa. Saya selalu melihatnya setiap hari, jadi tidak ada yang spesial mengenai hal tersebut. Akan tetapi bagi orang lain yang tidak tinggal di sekitar gunung Merapi mungkin tidak demikian. Bahkan mereka rela mengeluarkan uang untuk hanya sekedar melihat gunung Merapi atau memotretnya.

Hal-hal kecil ini sebenarnya merupakan hal-hal yang cukup menarik untuk ditulis. Mungkin tidak dalam perspektif membuat uang, akan tetapi sebagai simbol ekspresi diri dan sebagai sebuah cara dalam mengasah kemampuan kita dalam menulis. Bahkan tidak hanya dalam menulis, akan tetapi juga dapat melatih kita untuk melihat hal-hal yang mungkin terlupakan oleh orang lain, bagaimana menyikapinya, bagaimana mengutarakan pemikiran kita tentangnya, dan lain sebagainya.

Semoga saja setelah menonton film ini saya dapat lebih bersemangat untuk menulis dan mengasah otak saya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar