Sekedar Informasi

Senin, 06 April 2009

PKBM Tamanan Resmi Didirikan

Pada bulan Februari yang lalu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat secara resmi telah didirikan. PKBM Tamanan merupakan salah satu upaya dalam menindaklanjuti adanya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan di Desa Tamanan.

Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Tamanan Lestari Makmur yang merupakan organisasi hasil bentukan PNPM MP mempunyai beberapa program yang terbagi dalam beberapa bidang, yaitu bidang fisik dan lingkungan, bidang sosial, dan bidang ekonomi. Beberapa program LKM TLM di bidang sosial antara lain menyangkut tentang pendidikan dan pembelajaran masyarakat seperti program pelatihan keterampilan, program keaksaraan fungsional, dan program KEJAR Paket A/B/C. Oleh karena itu salah satu anggota LKM TLM, Solichah, M.Li, berinisiatif menciptakan suatu wadah tersendiri agar program-program LKM di bidang sosial dapat dilaksanakan dengan lebih terorganisir. Oleh karena itulah PKBM Tamanan kemudian terbentuk.

PKBM Tamanan sendiri sebenarnya merupakan sebuah organisasi yang terpisah dan tidak ada kaitannya dengan PNPM Mandiri Perkotaan di Desa Tamanan. Hubungan antara PKBM Tamanan dan LKM TLM sebenarnya lebih kepada hubungan simbiosis mutualisme. PKBM Tamanan menyediakan wadah kegiatan untuk program-program sosial LKM TLM yang berhubungan dengan pendidikan dan pembelajaran, sedangkan LKM TLM menyediakan bantuan dana untuk hal-hal yang belum tercukupi oleh bantuan dari Dinas Pendidikan.

Dengan berdirinya PKBM Tamanan ini semoga warga masyarakat khususnya warga Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, dapat mempunyai tempat untuk meningkatkan kualtias sumber daya manusia mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar