Sekedar Informasi

Senin, 27 April 2009

Bagaimana Menulis Secara Deskriptif?

Bagaimanakah mendeskripsikan sebuah suasana? Bagaimana pula mendeskripsika suatu tempat? dan yang paling penting adalah, bagaimanakah semua itu dapat membuat pembaca masuk ke dalam suasana atau tempat yang dideskripsikan?

Tadi malam, saya menanyakan hal tersebut kepada diri saya sendiri. Bagaimana tidak, saya waktu itu sedang berada di depan komputer saya. Program Text Room yang khusus ditujukan agar para penggunanya bisa fokus pada menulis telah saya jalankan. Beberapa kalimat saya tulis. Tapi kemudian saya bertanya-tanya, "Gimana ya mau mendeskripsikan apa yang ada di kepala saya agar dapat meyakinkan pembaca?". Berulang kali saya menulis dan mengedit, namun, pada akhirnya, setelah dua jam saya baru bisa menuliskan beberapa paragraf saja.

Ya, menulis itu ternyata susah. Namun sepertinya jawaban akan pertanyaan saya sudah ada di depan mata:

1. Latihan secara rutin. Jadikan menulis sebuah kebiasaan
2. Cari pendapat orang lain. Semakin banyak semakin bagus. Mendengar kritik dari satu orang bisa menimbulkan bias.

Yah, itulah solusinya. Atau, ada diantara kalian yang mempunyai solusi lain??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar