Sekedar Informasi

Senin, 06 April 2009

Scribus Sebagai Pengganti Corel Draw, Adobe Page Maker, Adobe InDesign, di sistem operasi Linux

Para pengguna Windows mungkin sudah akrab dengan software desktop publishing (DTP) seperti Adobe Page Maker, Adobe InDesign, atau Corel Draw. Nah, bagi para pengguna Linux terdapat satu software DTP yang sangat powerfull yaitu Scribus. Scribus dapat digunakan untuk berbagai keperluan DTP seperti membuat pamflet, brosur, buletin, bahkan majalah profesional.

Buletin Warta Tamanan Lestar Makmur Telah terbit beberapa waktu yang lalu merupakan salah satu contoh hasil kerja saya yang menggunakan Scribus. Beberapa contoh lain adalah brosur Kejar Paket A/B/C yang saya buat beberapa waktu yang lalu.

Ketika pertama kali saya membuka software Scribus, saya pribadi sebenarnya kurang yakin terhadap kemampuan Scribus untuk DTP. Hal ini dikarenakan tampilan Scribus yang sangat sederhana sehingga membuat saya meragukan keampuhannya. Akan tetapi setelah saya mencobanya, ternyata Scribus memang software yang sangat ampuh dibalik kesederhanaannya.

Bagi yang sudah terbiasa Adobe Page Maker atau Adobe InDesign mungkin tidak akan terlalu sulit untuk membiasakan diri dengan Scribus, akan tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan Corel Draw mungkin akan agak sedikit kikuk atau bahkan kecewa dengan Scribus. Hal ini dikarenakan Corel Draw merupakan software DTP yang tidak hanya mempunyai fitur-fitur untuk layout, akan tetapi juga disertai juga dengan kemampuan image editing berbasis vector. Atau lebih tepatnya lagi Corel Draw merupakan software image editing berbasis vector dengan kemampuan DTP. Sementara itu Scribus, seperti halnya Adobe Page Maker atau Adobe InDesign, tidak mempunyai dukungan yang khusus terhadap image editing berbasis vector. Apabila Adobe mempunyai Adobe Illustrator sebagai image editing berbasis vektor, maka di Linux terdapat Inkscape sebagai padanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar